Power Up Dengan Pelatihan Plyometric

Tingkatkan pengondisian, tingkatkan perkembangan otot dan dorong tubuh Anda ke ketinggian baru!
Meskipun gerakan ini mungkin tampak lebih cocok untuk taman bermain, mereka sebenarnya bermanfaat bagi kita beberapa tahun setelah bermain.

Kegiatan eksplosif ini secara kolektif disebut “Plyometrics”. Sederhananya, plyometrics berfungsi untuk melatih otot untuk menghasilkan kekuatan terbesar dalam waktu singkat. “Plyometrics digunakan oleh para atlet untuk mengembangkan kekuatan otot, produksi gaya-cepat, dan kelincahan dinamis dalam gerakan cepat,” kata William Kraemer, profesor kinesiologi di University of Connecticut. “Hampir semua olahraga akhir-akhir ini menggabungkan beberapa jenis pelatihan plyometrik dalam rezim mereka, karena meningkatkan kekuatan tubuh total dalam gerakan seperti melompat dan melempar, memukul, dan memulai.”

Hal yang hebat tentang pelatihan plyometrik adalah bahwa seorang atlet dapat menyesuaikan program untuk meningkatkan olahraganya sendiri. Misalnya, jika Anda bermain basket, Anda harus fokus pada keterampilan melompat dan melempar secara vertikal. Jika Anda seorang penggemar sepak bola, Anda mungkin ingin menjadi lebih intensif di tubuh bagian bawah. Bahkan binaragawan rekreasi dapat mengambil manfaat dari menambahkan beberapa plyometrics ke dalam campuran. “Plyometrics mendapatkan serat otot berkedut cepat yang tidak akan Anda pukul dengan latihan mengangkat lainnya,” kata Kraemer. “Ini juga membantu meningkatkan output daya Anda dengan meningkatkan tingkat produksi kekuatan, manfaat yang tidak akan Anda dapatkan kecuali Anda melakukan gaya angkat Olimpiade.”

Jadi mengapa tidak mundur dan bermain plyometrics? Ini menawarkan pengkondisian lengkap, peningkatan daya, peningkatan perkembangan otot, dan dijamin untuk mendorong tubuh Anda ke ketinggian baru.

TUBUH BAGIAN ATAS
Mulailah dengan bola obat ringan yang tersedia – biasanya 2-4 pound – dan berkembang perlahan menjadi bola yang lebih berat. Jika Anda tidak memiliki mitra latihan, gunakan dinding atau lantai yang kokoh untuk melempar bola.

SISI LAMBAT
Berdiri menyamping ke arah pasangan Anda dengan lutut sedikit ditekuk dan kaki selebar bahu. Pegang bola obat dengan kedua tangan setinggi pinggang tepat di depan tubuh Anda, dan putar menggunakan tubuh, pinggul, dan bahu sejauh mungkin dari pasangan Anda. Dari posisi terakhir ini, lepaskan dengan paksa, mengayunkan bola di sekitar dan melemparkannya ke pasangan Anda. Selesaikan semua repetisi di satu sisi sebelum beralih ke yang lain.

BENCH PUSH PASS
Berbaring telentang dengan lutut sedikit ditekuk, kaki rata di lantai dan punggung bawah melengkung secara alami. Suruh pasangan berdiri di belakang Anda dan memegang bola obat di atas dada Anda. Tangkap bola saat pasangan Anda menjatuhkannya, menyerap beratnya dengan menekuk siku dan pergelangan tangan Anda dan menurunkannya sedikit ke arah dada Anda. Dorong bola kembali dengan segera, lemparkan langsung ke udara untuk ditangkap oleh pasangan Anda.

OVERHEAD THROW
Berdiri menghadap pasangan Anda dengan lutut sedikit ditekuk dan kaki Anda selebar selebar bahu. Pegang bola obat dengan tangan terentang penuh dan siku sedikit ditekuk, lalu angkat ke atas dan sedikit ke belakang kepala. Hindari melengkungkan punggung dan hiperekstensi bahu Anda. Dari posisi ini, kontraksikan melalui perut, lat, trisep dan bahu Anda dan lempar bola dengan paksa ke arah pasangan Anda.

CLAPPING PUSH-UPS
Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan Anda selebar bahu, perut Anda kencang dan punggung rata. Turunkan tubuh Anda ke titik beberapa inci di atas tanah, kemudian meledak naik dan turun dari tanah, bertepuk tangan di udara di bawah dada Anda sebelum menangkap diri Anda saat mendarat dengan tangan di posisi semula. Segera masuk ke push-up berikutnya dan ulangi, menjaga waktu kontak dengan ground seminimal mungkin untuk efek pelatihan yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *