4 Strategi Efektif Untuk Mengubah Hidup Anda dan Menjadi Lebih Sehat

Kita semua bermimpi tentang kehidupan di mana kita lebih bugar dan produktif: Kita bangun lebih awal, kita makan lebih sehat, kita berolahraga lebih sering dan menyelesaikan lebih banyak hal sepanjang hari tanpa menderita sakit kronis atau kondisi kesehatan yang buruk. Tetapi hanya sedikit dari Anda yang benar-benar menjalaninya.

Anda melakukan yang terbaik untuk membuat visi itu menjadi kenyataan: Anda mengikuti diet, Anda mengadopsi rencana latihan, tetapi setelah periode waktu yang singkat Anda menemukan diri Anda jatuh kembali ke rutinitas negatif yang sama.

Perubahan itu sulit, dan tidak peduli seberapa besar Anda benci mengakuinya, Anda menikmati kenyamanan yang diberikan kebiasaan lama itu kepada Anda; Anda suka bagaimana mereka tidak memerlukan upaya atau energi tambahan. Tetapi kemudian rasa bersalah datang. Anda mulai merasa malu dengan keputusan buruk yang Anda buat. Anda kehilangan harapan dan mungkin Anda bahkan mencoba meyakinkan diri sendiri bahwa sudah terlambat untuk Anda dan bahwa Anda sama sekali tidak dimaksudkan untuk gaya hidup yang Anda inginkan. Kebiasaan lama sulit untuk dihilangkan.

Bagaimana cara mengatasinya? Semuanya dimulai di kepala Anda. Memberi ulang otak Anda untuk mengubah fokus dari membenci pola negatif menjadi mengembangkan pola hidup sehat yang baru adalah cara terbaik menuju perubahan drastis. Untuk memiliki gaya hidup sehat, Anda harus terlebih dahulu mengembangkan pola pikir yang tepat untuk itu.

Untungnya, kami berkumpul untuk Anda hari ini 4 strategi yang dijamin untuk mengajarkan Anda cara menguasai pola pikir Anda dan membuat perubahan yang bertahan selamanya.

  1. Lambat, tapi stabil. Mulai dari yang kecil, benar-benar kecil. Hanya. Mendapatkan. Mulai. Efek dari mengambil langkah-langkah bayi akan bertambah dan membuat Anda mengambil langkah-langkah yang lebih besar. Disiplin dan tetap bertekad. Jangan menunggu motivasi untuk mengetuk pintu Anda. Lakukan saja, bahkan pada hari-hari Anda tidak merasa menyukainya. Dan apa salah satu cara terbaik untuk bergerak? Itu dengan mengikuti The 5 Second Rule:

«Jika Anda memiliki dorongan untuk bertindak berdasarkan suatu tujuan, Anda harus bergerak secara fisik dalam waktu 5 detik atau otak Anda akan mematikan ide (…) Karena ketika Anda bergerak secara fisik, otak Anda mulai membangun kebiasaan baru (…) Anda berada dalam tindakan membangun kebiasaan baru dan menghapus yang sudah ada. »

Aturan ini, dinyatakan oleh penulis dan pembicara motivasi Mel Robbins, adalah bentuk metakognisi yang memungkinkan Anda mengatasi trik yang dimainkan otak Anda untuk mengalihkan perhatian Anda, dengan menyalakan korteks prefrontal Anda. Ahli saraf dan peneliti di Universitas Yale Amy Arnsten menjelaskan bahwa 5-4-3-2-1-Go! hitung mundur mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pengambilan keputusan. Penting juga bagi Anda untuk menetapkan tujuan untuk diri sendiri dalam jangka panjang. Tujuan-tujuan ini akan membantu Anda menciptakan kebiasaan yang berkelanjutan. Motivasi akan datang ketika perubahan menjadi lebih dan lebih terlihat.

  1. Memahami Cara Kerja Kebiasaan. Kebiasaan terbentuk melalui serangkaian tindakan yang sangat sederhana, namun sangat kuat yang dilakukan oleh jurnalis pemenang hadiah Pulitzer, Charles Duhigg: The Loop. Dalam bukunya The Power Of Habit, ia mengatakan:

«Pertama, ada isyarat, pemicu yang memberitahu otak Anda untuk masuk ke mode otomatis dan kebiasaan mana yang digunakan. Lalu ada rutinitas, yang bisa fisik atau mental atau emosional. Akhirnya, ada hadiah, yang membantu otak Anda mengetahui jika perulangan khusus ini layak untuk diingat di masa depan. Seiring waktu, loop ini menjadi semakin otomatis. Isyarat dan pahala menjadi saling terkait sampai muncul rasa antisipasi dan keinginan yang kuat. »

Ini berarti bahwa jika Anda ingin mengubah kebiasaan Anda, Anda harus mengikuti aturan yang sama yang membuatnya. Pertama, mulailah dengan mengidentifikasi kebiasaan negatif yang Anda miliki. Identifikasi pemicu di belakang mereka, perilaku yang mengikuti dan hadiah yang Anda rasakan. Kemudian, cobalah untuk menerapkan perilaku sehat yang Anda berikan pemicu dan hadiah yang sama. Ingatkan diri Anda lebih sering akan hadiah itu dan ulangi putaran ini sampai kebiasaan lama dihapus dan kebiasaan sehat menjadi tertanam dalam rutinitas Anda. Dan terakhir, bersabarlah. Perlu diingat bahwa membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu rata-rata 66 hari menurut sebuah studi dari University College (London, 2000).

  1. Lacak Kemajuan Anda, Tidak peduli Seberapa Kecil. Mengawasi kemajuan yang Anda buat. Gunakan kalender dan tandai hari-hari Anda mengikuti kebiasaan sehat, trik ini tidak hanya akan memberi tahu Anda pada hari-hari Anda membuat kemajuan, itu juga akan memotivasi Anda untuk tidak memutus rantai. Tetapi jika Anda melewatkan hari di mana Anda tidak melakukan kebiasaan sehat, jangan berhenti. Kehilangan satu hari tidak akan mempengaruhi hasil jangka panjang Anda.
  2. Nikmati Prosesnya. Kita semua tahu bahwa perubahan itu sulit, tetapi dengan menghadiahi diri sendiri dan merayakan setiap kemenangan kecil, Anda akan mendapati diri Anda lebih cenderung bertahan dengan perilaku sehat. Akui pencapaian Anda dan temukan kebahagiaan dalam gaya hidup sehat yang Anda jalani sekarang, karena itu adalah cara terbaik untuk membuatnya bertahan selamanya. Dan ingat, tidak ada kata terlambat untuk menjalani kehidupan yang Anda inginkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *